Senin, 10 Mei 2010

MENGENALI PELANGGAN UNTUK PELAYANAN TERBAIK

 hotel information



MENGENALI PELANGGAN UNTUK PELAYANAN TERBAIK


Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diketahui sebagai pengusaha untuk mendapatkan customer yang loyal pada product yang dihasilkan. Salah satu yang harus dilakukan adalah mengetahui tipe – tipe customer kita.

Ada hubungan yang erat antara produsen, konsumen dan yang berkepentingan dengan produksi itu ( stake holder) . Sehingga setiap bidang usaha harus mengetahui pangsa pasar yang akan di raih dan menjadi target pasar ( market segment ).
Sebaiknya perlu dilakukan suatu analisa kepada customer atau pelanggan, yang ada kaitannya dan sangat mempengaruhi dalam memberikan suatu pelayan yang terbaik.



Kenali Tipe Pelanggan Untuk Memberikan yang Terbaik !!

1. Tipe Pengunjung yang menjadi Pelanggan
Bermacam-macam tipe cutomer yang datang tentunya membutuhkan pelayan yang yang berbeda-beda, untuk itulah pentingnya untuk berbincang – bincang dengan mereka, karena dari pembicaraan dan apa yang menjadi topik pembicaraan itu, biasanya kita dapat mengetahui tipe dari customer yang akan kita service. Karena ada customer yang tipenya cerewet atau tipe pendiam, jadi kita harus lebih aktif untuk memberikan penawaran yang benar-benar pas dengan mereka.

2. Adat dan tradisi atau kebiasaan pelanggan
Dimana anah dipijak disana langit dijunjung mungkin ungkapan ini ada baiknya juga dipakai karna akan sangat membantu dalam melakukan interaksi dengan pelanggan, ada beberapa hal yang biasa dilakukan pada daerah tertentu, tapi tidak dapat dilakukan pada daerah yang lain. Untuk mengenali dan mengetahui adat dan tradisi mereka dapat dilihat dari nama tamu itu.

3. Tingkat sosial dan Intelektual Customer
Bisanya tamu – tamu yang dengan tingkat dan intelektual mereka menengah ke atas dapat dilihat dari cara berpakaian dan gaya mereka berbicara biasanya lebih sopan dan leih teratur, dan tentunya pilihan mereka akan lebih baik dan tidak seperti orang kebanyakan.


Hal – hal tersebut juga sangat menentukan dalam memberikan pelayanan yang terbaik sehingga memberikan kepuasan bagi customer. Jika beberapa poin diatas sudah diketahui dan dijadikan suatu pertimbangan dalam melakukan pelayanan untuk customer, mungkin mereka akan merasa sangat puas/satisfaction dengan pelayanan terbaik yang telah diberikan.

Semoga beberapa tips diatas bisa sebagai bahan tambahan informasi untuk memberikan suatu pelayanan terbaik ( excellent service ) bagi para pelanggan.

Bagi para pembaca mungkin memiliki ide – ide yang brilliant atau pendapat lain untuk melengkapi informasi ini, silakan untuk memberikan masukan tambahan untuk kesempurnaan posting ini.




Related Post :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar