Sabtu, 03 April 2010

SERVICE EXCELLENT

Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Semua orang pasti akan selalu ingin untuk menjadi lebih baik, dan melakukan hal – hal penting dengan lebih baik. Seperti itulah gambaran pada umumnya di masyarakat yang maju dan modern yang sangat dinamis dan selalu berubah ke arah kemajuan.
Para pebisnis di dalam bidang pariwisata dan hospitality akan selalu berusaha mengikuti perubahan dan pergerakan semua kebutuhan dari customer sehingga mereka dapat memberikan suatu pelayanan yang lebih baik. Semua pelanggan atau yang lebih sesuai kita katakan ‘customer’ dan mereka ini akan selalu mengharapkan suatu pelayanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Sehingga para pelaku bisnis dibidang ini akan selalu berusaha untuk memberikan sesuatu yang lebih baik bagi customer mereka.

Dalam memberikan suatu pelayanan, memang harus di ketahui beberapa aspek yang sangat terkait dengan apa yang akan kita berikan pada customer. Sebelum kita masuk kedalam pelayanan itu sendiri sebaiknya terlebih dahulu melakukan analisa, dalam analisa ini ada beberapa hal yang sangat penting yang harus diketahui tentang customer antara lain adalah :


1. Analisa konsumen
Analisa yang sangat diperlukan untuk mengetahui semua informasi tentang tamu yang akan menjadi target, yang perlu diketahui adalah source atau asal customer, dengan begitu kita dapat nantinya menentukan apakah customer itu loyal dan juga mengetahui kesukaan dari tamu , seperti apa mereka itu, sehingga kita dapat mempersiapkan pelayanan yang terbaik, fasilitas yang sesuai dengan selera mereka.

2. Market Analisys
Maket analisis adalah untuk mengetahui dan menganalisa semua pesaing-pesaing usaha kita. Sehingga kita tahu posisi usaha kita saat ini, dengan maksud untuk membuat rencana baru agar pelayanan kita akan manjadi pilihan utama bagi customer.

Yang sangat kita perlukan dalam market analisis adalah mengetahui SWOT ( strength, weakness, opportunity dan threat ) dari pesaing – pesaing usaha kita.

Dengan dasar SWOT dari pesaing yang telah kita ketahui kita dapat mengambil langkah-langkah antisipasi :

- Membuat suatu system pelayanan yang lebih attractive dan innovative
- Memperbaiki dan meningkatkan kelebihan - kelebihan system pelayanan yang telah kita miliki.
- Berusaha memperbaiki semua kelemahan dari pelayanan yang kita miliki
- Memberikan bonus pada tamu dengan mempertimbangkan jumlah pelayanan yang mereka lakukan dengan    kita
- Merevisi rencana-rencana yang ada, disesuaikan dengan situasi dan trend market yang sedang berkembang.


3. Forecast / Ramalan
Forecast atau ramalan akan situasi yang akan datang, sehingga akan dapat menentukan pelayanan seperti apa yang diinginkan oleh customer, misalnya akan ada perubahan apa sehingga dapat ditentukan berapa alokasi yang diperlukan oleh aktivitas yang akan datang, karena jika hal itu sudah dapat kita ramalkan, akan sangat memungkinkan untuk mengatur apa harus dilakukan.
Contohnya seperti :
- Event apa yang akan ada pada waktu dekat.
- Musim apa yang akan datang sehingga memungkinkan bagi customer untuk lebih banyak meminta sesuatu yang berhubungan dengan musim tersebut.

Disamping analisa tersebut diatas, ada beberapa hal juga yang sangat mempengaruhi dalam memberikan suatu pelayan yang terbaik, seperti :

1. Tipe customer yang menjadi Pelanggan
2. Adat dan tradisi atau kebiasaan pelanggan
3. Tingkat sosial pelanggan
4. Intelektual pelanggan

Hal – hal tersebut juga sangat menentukan dalammemberikan pelayanan yang terbaik sehingga memberikan kepuasan bagi customer. Jika beberapa poin diatas sudah diketahui dan dijadikan suatu pertimbangan dalam melakukan pelayanan untuk customer, mungkin mereka akan merasa sangat satisfaction dengan pelayanan terbaik yang telah diberikan.

Semoga beberapa tip diatas bisa sebagai bahan untuk memberikan suatu service excellent bagi para pelanggan.

Mungkin ini hanya sebagian dari tahapan dalam memberikan pelayanan terbaik, dari para pembaca bila ada tambahan dan pemikiran lain silahkan pendapat anda !

Selamat berjuang dan sukses selalu !!!


Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar