Rabu, 01 Juni 2011

Operasional Hotel


Hotel Operasional


Kelancaran operasional hotel didukung oleh departemen – departemen yang ada di dalam suatu manajemen operasional hotel.
Karena semua kegiatan dan aktivitas di dalam hotel, akan dijalankan dan ditangani oleh satu departemen yang sangat konsen dan kompeten dibidangnya sehingga akan sangat menunjang didalam menjalankan tugas yang dibebankan.


Dalam melaksanakan operasional, setiap Hotel berbintang akan berbeda – beda dalam melakukan kebijakan manajemen operasional. Semakin lengkap jumlah departemen di dalam satu hotel maka akan menjadi jaminan manajemen hotel berbintang tersebut akan semakin bagus dan berkualitas dalam menjalankan operasional hotel tersebut.

Departemen operasional hotel yang ada, nanti akan kita bahas satu persatu untuk mengetahui secara detail, departemen apa saja yang mendukung berjalannya hotel operasional.
 
Baik mari kita lihat beberapa bagian departemen yang menunjang berjalannya Hotel operasional hotel sebagai berikut :
  1. Front Office Departemen
  2. Housekeeping Departemen
  3. Accounting Departemen
  4. Food and Beverage Departemen
  5. Engineering Departemen
  6. Purchasing Departemen
  7. Sales & Marketing Departemen
  8. Human Resource Departemen
  9. Executive Office

Dari sekian banyak departemen yang ada di hotel, semua departemen itu saling mendukung dan berkaitan antara satu departemen dengan departemen yang lain. Disamping itu juga di dalam satu departemen ada yang yang masih bergabung dengan seksi yang lain, seperti Housekeeping Departemen dalam hal ini bisa membawahi Laundry.
Pada umumnya hotel berbintang biasanya memiliki laundry Departemen berdiri sendiri, sebagai Laundry departemen dengan level yang sama dengan departemen yang lain, tapi disini kembali lagi karena kebijakan hotel, kalau dirasa untuk kepentingan dan kebutuhan akan laundry terlalu besar, bisa saja perlu dipertimbangkan untuk berdiri sendiri, tapi jika kebutuhan tidak terlalu besar maka laundry-nya bisa digabung dengan Housekeeping departemen atau departemen yang lain.
Contoh lain juga seperti seksi  Garden dan Artist disini mereka biasanya dibawah Departemen Food and Beverage Departemen.

Selama Operasional dapat berjalan dengan baik, semua section/bagian dan departemen itu dapat disatukan atau digabung dengan Departemen yang terdekat dengan operasional mereka, dalam artian dalam operasional lebih banyak berhubungan langsung dengan departemen yang membawahi tersebut seperti contoh diatas.

Untuk mempelajari satu persatu departemen di hotel, saya akan menulis secara detail untuk posting berikutnya.
Semoga dapat menambah informasi anda dan semoga bermanfaat.


Sugestion for Reading :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar